Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mulai Diminati, Apa Istimewanya Sih Motor Listrik?

Pabrik Elvindo
Sumber :

100kpj – Meski sudah ada payung hukumnya, namun konsumen di Tanah Air masih belum sepenuhnya yakin dengan kendaraan bermesin listrik. Sebagian menilai, jenis kendaraan tersebut masih terbilang asing, terutama dalam hal operasional dan juga perbaikan komponen.

Khusus untuk kendaraan roda dua, sudah banyak pabrikan di Tanah Air yang mulai melahirkan produk bertenaga listrik. Bahkan, pemain utamanya justru berasal dari dalam negeri. Kendati demikian, seperti yang telah disebutkan di awal, pembeli masih bertanya-tanya mengenai kualitas serta fungsinya. Kira-kira, sebaik apa?

Motor listrik Elvindo

Pengamat otomotif senior sekaligus pengajar di Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Pasaribu menyebut, apabila dikomparasikan langsung antara motor bermesin bensin dan motor bermesin listrik, maka dengan mudah ia menyimpulkan, tunggangan bermesin listrik lebih banyak menawarkan keunggulan. Apalagi, saat infrastruktur penunjangnya telah matang.

Baca juga: Mengapa Harga Motor di India Jauh Lebih Murah dari Indonesia?

“Kehadiran motor listrik itu keniscayaan. Ia datang mengikuti perkembangan zaman, jadi tak seorangpun bisa menolaknya,” kata Yannes saat dihubungi 100KPJ, belum lama ini.

“Kita semua tahu kalau keunggulan motor listrik terletak pada emisinya yang nol. Selain itu, soal efisiensi biaya operasional, motor ini juga lebih baik dari motor berbahan bakar bensin. Bahkan untuk jarak tempuh yang sama, motor listrik bisa menghemat sekurangnya 20 persen biaya,” sambungnya, panjang.

Berita Terkait
hitlog-analytic