Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengapa Harga Motor di India Jauh Lebih Murah dari Indonesia?

Bajaj Pulsar 180.
Sumber :

100kpj – Bagi pencinta roda dua yang gemar berselancar di laman berita, pasti pernah merasa kesal setelah menemukan artikel yang memuat tentang peluncuran motor murah namun dilakukan di India, bukan Indonesia. Kondisi itu semakin diperburuk, lantaran selisih harganya terbilang jauh.

Jika dikonversikan ke mata uang Indonesia, kita bisa menebus motor sport di Negeri Hindustan bermodalkan uang belasan juta rupiah saja. Bahkan, ada banyak motor matik dalam kondisi baru yang dijual tak sampai Rp10 juta. Hal itu tentu membuat masyarakat Tanah Air merasa iri saat mengetahuinya.

Baca juga: Jangan Iri Dengar Harga MT-15 di India, Setara Motor Bebek!

Lantas, mengapa harga motor di India bisa jauh lebih murah dari Indonesia dan negara lainnya? Benarkah karena permintaan unit di sana terlalu tinggi, sehingga daya produksi pabrikan menjadi besar dan membuat nilai jualnya rendah? Nyatanya, tidak juga.

Yamaha Fascino 125

Mohammad Masykur, sosok yang pernah 22 tahun bekerja di bagian riset dan pengembangan motor Yamaha berpendapat, salah satu yang membedakan antara India dan Indonesia ialah karakteristik konsumennya. Kendati tak dijelaskan pasti, namun kemungkinan masih berkaitan dengan tingkatan ekonomi.

“Saya tidak tau detailnya seperti apa. Tapi, konsumen kita berbeda. Yang saya tahu, salah satu perbedaannya terletak pada konsumennya. Mereka memang relatif lebih murah,” ujar Masykur, seperti yang pernah dimuat laman VIVA.

Berita Terkait
hitlog-analytic