Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tiga Fakta Menarik Tentang Lampu Jauh Sepeda Motor

Lampu motor
Sumber :

100kpj – Lampu yang terdapat pada kendaraan digunakan sebagai penerangan di jalur gelap, terutama ketika pengendara sepeda motor berkendara pada malam hari, namun penggunaan lampu pada siang hari  dimaksudkan agar pada kondisi tertentu pengendara dapat mengetahui kendaraan lain di sekitarnya. 

Hal inilah mengapa lampu pada kendaraan memiliki peranan yang sangat penting, selain itu dalam web resmi Honda Wahana terdapat tiga fakta menarik tentang lampu jauh pada sepeda motor seperti: 

Jangkauan Lampu Jauh

Lampu jauh dan lampu dekat, sebenarnya secara posisi, sama-sama dekat dengan stang motor. Namun, jangkauan sorotan sinar keduanya berbeda. Berikut ini perbedaan keduanya. Lampu dekat hanya menerangi bagian depan bawah jalan yang akan dilalui, sementara lampu jauh dapat menerangi bagian tengah jalan, yang sejajar posisi lampu.

Selain itu penggunaan lampu juga harus diperhatikan agar tidak membahayakan dan mengganggu pengendara lain, seperti lampu dekat dipakai ketika kamu melintasi jalan atau rute ramai. Sedangkan Lampu jauh dinyalakan saat melintasi jalan yang tidak memiliki cukup penerangan.

Penting diingat, jangan gunakan lampu jauh waktu ketika melintasi rute yang ramai maupun akan berpapasan dengan pengendara dari arah lain. Sebab, sorotan lampu jauh ini bisa bikin silau orang yang melihatnya, dan berisiko menimbulkan kecelakaan.

Ketentuan tentang Lampu Dekat dan Lampu Jauh dalam UU

Berita Terkait
hitlog-analytic