Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Fakta Menarik Terkait Memanaskan Mesin Motor

Merawat Motor Matik
Sumber :

100kpj – Memanaskan mesin sepeda motor sebelum digunakan merupakan ritual yang banyak dilakukan oleh para pemilik sepeda motor, kegiatan satu ini bisa dikatakan menyimpan banyak manfaat untuk motor. Salah satunya adalah membuat mesin jauh lebih awet dan aki tidak mudah soak. 

Sementara banyak informasi yang berkembang bahwa untuk mesin dengan teknologi terkini, ritual memanaskan mesin tidak lagi menjadi hal yang wajib. Selain itu ada juga fakta menarik seperti yang dikutip dari laman Wahana Honda tentang memanaskan mesin sepeda motor seperti: 

Kegiatan ini tidak perlu dilakukan untuk motor yang punya teknologi ini

Perkembangan zaman dan teknologi ternyata membuat kegiatan memanaskan motor boleh wajib dilakukan. Hal ini disebabkan oleh penggunaan teknologi Fuel Injection (FI/Injeksi) pada mesin sepeda motor, sehingga memembuat kendaraan roda dua tidak perlu dipanasi layaknya motor yang masih gunakan sistem pengkabutan bahan bakar menggunakan karburator. 

Tidak itu saja, dengan sistem injeksi yang telah diatur oleh Engine Control Modulu (ECM) bila melakukan pemanasan kendaraan tidak perlu menarik gas secara berulang-ulang. Cukup dibiarkan dengan kondisi mesin idle saja.

Ini waktu yang baik ketika melakukan ritual ini

Ternyata memanaskan motor itu tidak dilakukan dengan asal-asalan atau sembrono. Seperti salah satunya terkait lamanya kegiatan tersebut, karena tidak dianjurkan untuk berlama-lama mamanaskan tunggangan kesayangan. Waktu yang baik untuk melakukan ritual ini adalah 3 sampai 5 menit saja.  

Berita Terkait
hitlog-analytic