Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Viral Engine Check Nmax Terbaru Tiba-tiba Nyala, Ini Cara Atasinya

Lampu Indikator Engine Check All New NMax Tiba-Tiba Menyala

100kpj –Belakangan tengah ramai di sosial media akan masalah yang menimpa all new Yamaha NMax, yakni lampu indikator engine check yang tiba-tiba menyala. Padahal motor tersebut masih dalam kondisi baru saat dibawa ke rumah.

Ternyata, masalah tersebut hadir karena ada masalah pada crankshaft position sensor dengan kode P0335. Ini diketahui usai dibawa dan diperiksa lebih lanjut oleh mekanik di bengkel resmi Yamaha lewat alat diagnostic.

General Manager Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M. Abidin menjelaskan, bila kasus ini karena hal yang sepele. Lampu indikator menyala pada motor tersebut yang viral, karena kebiasaan pemilik motor yang mematikan mesin menggunakan side stand atau standar samping yang mana itu tidak dianjurkan sekali.

"Saya sudah simulasikan kenapa error, ternyata saat mesin motor menyala dimatikannya tidak menggunakan main switch tapi menggunakan side stand. Ini kemudian diinformasikan ke ECU lalu engine warning light menyala karena mengira adanya malfunction," ujar Abidin saat ditemui di Yamaha DDS Cempaka Putih, Senin 3 Februari 2020.

Lebih lanjut, Ridwan Arifin yang adalah Service Education YIMM mengatakan bila lampu check engine yang menyala dikasus itu tidak menunjukkan adanya kerusakan komponen ataupun mempengaruhi kinerja mesin. Motor pun masih bisa dinyalakan dan dikendarai dengan normal.

"Motor sebenarnya masih bisa menyala, bekerja seperti biasa. Masih bisa digunakan normal," ujar Ridwan.

Gratis Servis

Berita Terkait
hitlog-analytic