Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda Racik Standar Motor Model Baru, Kerennya Tak Perlu Diayun

Standar motor.
Sumber :
Ist

100kpj – Standar merupakan satu bagian kecil yang terdapat di sepeda motor. Walau begitu, fungsinya sangat besar, karena menjadi satu-satunya perangkat yang bisa diandalkan ketika tengah parkir.

Lazimnya, standar pada sepeda motor terbuat dari besi dan bentuk yang memanjang. Walau tak besar, tetapi standar ini dapat menopang keseluruhan bobot sepeda motor.

Baru-baru ini pabrikan motor asal Jepang, Honda, tengah menyiapkan terobosan baru bagi motornya. Yakni pengaplikasian standar motor terbaru. Walau fungsinya tetap sama, tetapi secara bentuk sangat berbeda, jauh dari kata mainstream.



Dikutip Bennets, Rabu 29 Januari 2020, standar ini memiliki dudukan teleskopik yang memanjang dalam tiga bagian dari tabung yang terpasang dilas pada rangka.

Seperti pada dudukan konvensional, bentuknya mirip namun ketika standar diaktifkan maka harus didorong lurus ke bawah bukan gerakan mengayun ke depan. Sistem ini berarti bahwa elemen teleskopik berputar sedikit ke belakang saat Anda menekan ke bawah, mengunci tiga bagian sehingga tetap panjang tidak kembali ke bentuk awal yang pendek.

Menurut Honda, standar model ini punya beberapa keuntungan. Pertama dari sisi prinsip, dapat menghemat ruang. Selain itu, standar ini juga dapat menyesuaikan diri jika motor di parkir di tanah gembur.



Tetapi, walau memiliki kelebihan, ada pula kelemahan yang dicermati banyak pihak. Yakni dari bentuk penggunaannya yang mungkin terlihat lebih semrawut. Selain itu, soal keamanannya yang masih belum teruji. Apakah dengan menggunakan model teleskopik, standar ini mampu menahan beban dengan baik.

Sekadar diketahui, awal mula standar sepeda motor sendiri lahir berkat karya arsitek Prancis bernama Alfred Berruyer. Awalnya dia merancang standar berdiri untuk sepeda.

Itu dia buat karena menemukan banyaknya orang yang menggunakan sepeda kesulitan saat hendak memarkirkan. Pada 1869, dia pun mulai melakukan pembuatan standar, yang akhirnya kini turut digunakan pada sepeda motor.



Kembali ke standar Honda, sejauh ini desain paten sudah diajukan mereka. Namun untuk penggunaannya, tentu masih harus menunggu dua sampai tiga tahun ke depan. Walau begitu, bisa jadi di masa depan inilah standar yang akan dipakai Honda di motor-motornya.

Baca Juga: Harga Bekas Honda Win Kian Tak Masuk Akal, Pedagang Sampaikan Faktanya

Berita Terkait
hitlog-analytic