Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Skutik Baru Honda New Metropolitan Meluncur, Mirip-mirip Scoopy

Skutik Honda New Metropolitan.
Sumber :
Ist

100kpj – Pabrikan motor asal Jepang secara resmi merilis skutik terbarunya bernama Honda New Metropolitan 2020. Peluncuran dilakukan pada Selasa kemarin, 21 Januari 2020.

Motor ini adalah seri penyegaran dari edisi sebelumnya, di mana Honda memberikan sejumlah penyegaran di beberapa titik. Namun peluncuran bukan dilakukan di Indonesia, sebab skutik Honda New Metropolitan mendarat di Eropa.

Skutik ini memiliki tampilan mirip-mirip Scoopy. Kesan retronya kental. Motor ini hadir dengan ukuran kompak, dan desain yang mengedepankan keeleganan. Dikutip GreatBiker, Rabu 22 Januari 2020, Honda New Metropolitan 2020 hadir dengan konfigurasi mesin PGM-FI (injeksi) 49cc 4-tak, 1-silinder yang bisa menghasilkan 4,4 tenaga kuda. Tenaga disalurkan melalui sabuk alias belt ke roda.



Dengan tenaga tersebut, motor ini bisa mencapai kecepatan maksimum 55-65 kilometer per jam. Mesin kecil memang sengaja dipergunakan Honda lantaran New Metropolitan diperuntukan penggunaan perkotaan dalam jarak dekat.

Dimensinya yang kompak turut dibuat agar mudah bermanuver di tengah padatnya lalu lintas perkotaan, serta dapat menemukan tempat parkir dengan mudah. Untuk konsumsi bahan bakar terbilang irit, sebab seliter bensin dapat menjelajah jarak sejauh 50 kilometer.

Baca Juga: Setujukah BeAT Terbaru Malah Makin Mirip Vario Versi Mungil?

Adapun pada suspensi depan, mengusung model Telescopic dan belakang pegas tunggal. Untuk pengereman, depan-belakang mendaulat model teromol depan dan belakang.



Ukuran ban yang digunakan adalah 80/100, keduanya memakai roda 10 inci, ketinggian jok 720 mm, jarak sumbu roda 1.180 mm, tangki bahan bakarnya 4,5 liter, dan bobotnya cukup ringan, hanya 81 kg. Terdapat pula konektor di bawah setang untuk mengisi daya perangkat elektronik.



Di Eropa, motor ini cukup populer, namun untuk Indonesia, mungkin motor ini tidak cocok mengingat kapasitas mesinnya yang terlalu kecil. Meski demikian, motor ini dijual di Vietnam, dengan harga Rp34 jutaan.

Baca Juga: Sudah Ada Bekasnya, Segini Harga Honda ADV 150 Seken di Pasaran

Berita Terkait
hitlog-analytic