Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

MotoGP Bakal Balik Pakai Mesin 2-Tak, Yakin Sirkuit Enggak Ngebul?

Honda NSR 500
Sumber :

100kpj – Saat dunia otomotif mulai mengarah ke elektrifikasi, kompetisi balap MotoGP justru berniat kembali menggunakan mesin dua-tak pada empat atau lima tahun mendatang. Hal itu berkenaan dengan strategi bisnis pihak penyelenggara, yang menilai mesin tersebut lebih digemari ketimbang mesin yang digunakan saat ini.

Dilansir dari Visordown, Rabu 15 Januari 2020, awalnya ada isu yang menyebut bahwa MotoGP akan segera mengubah mesinnya menjadi jenis hybrid, namun pertimbangan tersebut urung diwujudkan, karena suara mesin yang senyap dinilai tak menarik saat saling beradu balap.

Raungan suara mesin dua-tak yang sedemikian bising, dipercaya mampu menghidupkan suasana perlombaan, sehingga nampak lebih seru dan menegangkan.

motogp

Selain itu, dinginnya respons pasar pada ajang balap kendaraan elektrik seperti Formula E dan juga MotoE juga menjadi alasan untuk lebih memilih mesin dua-tak dibandingkan jenis mesin lainnya.

Baca juga: Mengenang Honda Win: Dulu Jadi Motor Camat, Kini Harganya Selangit

Seandainya kelak MotoGP benar kembali menggunakan mesin dua-tak, tandanya kompetisi berskala dunia itu akan kembali ke masa awal dahulu. Kala itu, Honda NSR, Yamaha YZR 500, Suzuki RGV, dan juga MV Agusta menjadi sejumlah nama yang kerap membawa pembalapnya juara.

Berita Terkait
hitlog-analytic