Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Trik Mudah Rawat Rantai Biar Panjang Umur

rantai motor
Sumber :

100kpj – Bagi motor jenis manual, penggerak roda seperti rantai memiliki peran penting pada sepeda motor. Saking pentingnya itulah yang membuat pemilik wajib rutin melakukan perawatannya.

Setidaknya ada beberapa hal perawatan yang bisa dilakukan berkaitan dengan rantai. Apa saja? Berikut seperti dikutip Honda Community, Sabtu 11 Januari 2020.

1. Lakukan pembersihan rantai sepeda motormu secara rutin

Kondisi cuaca yang tidak jelas, panas atau hujan, ditambah tanah dan kotoran tentunya membuat rantai motor gampang kotor. Nah, bersihkan rantai motor dengan pembersih (cleaner) kemudian sikat dengan sikat khusus rantai dan bersihkan dengan kain lap. Selain terlihat bersih, rantai motor akan jadi awet.

2. Gunakan pelumas rantai

Lakukan perawatan rantai bersamaan dengan waktu Anda melakukan ganti oli atau pelumas. Hal ini untuk membiasakan perawatan secara berkala. Rajin-rajinlah menggunakan pelumas pada rantai motor Anda agar tetap awet. Pelumas rantai motor ini berfungsi untuk melumasi rantai motormu sampai ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantumu membersihkan rantai motor.

3. Jangan gunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor

Kita tentu sering melumasi rantai dengan oli bekas, mulai sekarang jangan pernah melakukannya. Kenapa? Memakai oli bekas atau gemuk justru akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet. Lebih baik kamu mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak untuk membeli chain lube daripada repot harus mengganti rantai motor yang rusak.

4. Periksa dan lakukan penyetelan secara rutin

Jangan lupa untuk mengecek kondisi rantai supaya tahu rantai motormu. Siapa tahu rantai motor sudah kendor atau jangan-jangan terlalu kencang. Kalau soal ini percayakan pada bengkel atau ahlinya.

5. Gunakan rantai dan gear yang asli

Di zaman sekarang ini tentunya sangat banyak sekali produk KW yang beredar di masyarakat. Tapi pastikan Anda menggunakan rantai dan gear yang asli. Spare parts KW dan palsu memang lebih ramah di kocek, namun akan lebih mudah rusak. Gears asli, meski harga kadang sedikit lebih mahal namun dijamin kualitasnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic