Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tren Motor, Pengamat: Yamaha Jadi Pelopor, Honda Menyempurnakan

Honda PCX dan Yamaha NMax.
Sumber :

100kpj – Bukan menjadi rahasia umum, jika skuter matik merupakan jenis sepeda motor paling banyak diminati di Tanah Air. Hal itu terlihat melalui angka penjualan yang hampir menyentuh angka 90 persen.

Menurut pengamat otomotif senior sekaligus dosen Institut Teknologi Bandung, Yannes Pasaribu, banyak masyarakat yang lebih memilih skutik lantaran mudah dioperasikan, serta nyaman dipakai di kawasan perkotaan. Soal merek, kata dia, hanya Yamaha dan Honda yang nampak paling dominan. 

"Walaupun Kymco yang mempelopori teknologi matic pada motor, tetapi Yamaha dan Honda yang terlihat paling mendominasi," ujarnya saat dihubungi 100KPJ, Selasa 24 Desember 2019.

Lebih jauh, Yannes menyebut, Yamaha menjadi perusahaan yang paling inovatif terkait motor bertransmisi otomatis. Kata dia, tanpa peran pabrikan berlogo garpu tala itu, pasar skutik di Indonesia tidak akan sebesar saat ini.

"Yamaha, lewat Mio-nya, berhasil menggugah pasar dan membangun paradigma bahwa motor matik itu layak dipilih. Semua berubah, setelah kehadiran motor tersebut," terangnya.

Baca juga: Mau Kredit Ninja Bekas, Cicilannya Cuma Rp700 Ribuan

Berita Terkait
hitlog-analytic