Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengungkap Fitur Canggih di Sepeda Brompton, Pantas Mahal

Sepeda Brompton
Sumber :

100kpj – Sepeda Brompton akhir-akhir ini sering terdengar seiring dengan kasus skandal penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton yang ditemukan di lambung Garuda Indonesia. Kasus ini berbuntut petaka bagi karir I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Ia dicopot dari jabatan Direktur Utama PT Garuda Indonesia.

Bagi yang belum tahu, sepeda lipat asal Inggris ini disebut-sebut sebagai sepeda yang dirancang khusus bagi pengguna di wilayah perkotaan yang mengutamakan prinsip minimalis. Dalam kondisi terlipat, sepeda Brompton memiliki dimensi 585mm x 565mm 270mm (tinggi x panjang x lebar).

Brompton bukan yang pertama mengeluarkan sepeda lipat listrik (e-folded bike), tetapi seperti yang dikutip dari sepeda.me, produk pertama Brompton untuk sepeda listrik banyak ditunggu oleh para pesepeda. Brompton bekerja sama dengan Williams Advanced Engineering dalam mengembangkan sepeda lipat dengan motor listrik.

Williams Advanced Engineering

Sepeda lipat listrik memiliki komponen atau part-part tambahan yang membedakan sepeda listrik dengan sepeda lipat biasa. Seperti hub motor yang dibuat dengan kolaborasi dengan Williams Advanced Engineering, perusahaan Inggris yang juga terlibat dalam mesin Formula 1, Aston martin, Boeing dan lainnya.

Hub motor adalah hub roda sepeda yang memiliki motor (mesin penggerak) di dalamnya, sehingga bentuknya lebih besar dari hub roda biasa. Pada sepeda lipat brompton ini, hub motor dipasang pada roda depan. Hub motor dikontrol oleh controller, dan akan bekerja sesuai dengan pilihan yang kita mau. Apakah dibantu dengan kaki, atau full menggunakan motor listrik, atau setengah-setengah (kaki dan motor). Gowes manual dengan kaki akan mengurangi beban pada motor, dan akan membuat baterai sepeda bertahan lebih lama.

Kecepatan dari sepeda listrik ini pun mempunyai batasan kecepatan (cut off speed), batasannya adalah 15.5 mph atau 25 km/jam. Maksudnya ketika kecepatan sepeda sudah mencapai 25 km/jam motor listrik secara otomatis akan mati, jadi kalau mau lebih kencang lagi ya harus digowes manual.

Berita Terkait
hitlog-analytic