Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Yamaha Xabre Resmi Pensiun, Harga Bekasnya Langsung Babak Belur

Yamaha Xabre.

100kpj – Satu lagi produk roda dua pamit dari kancah permotoran. Usai terkatung-katung penjualannya, Yamaha Indonesia akhirnya secara resmi menghentikan produksi Xabre.

Menurut Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Anton Widiantoro, penjualan Xabre akan berhenti total setelah semua sisa stok yang ada habis terjual.

"Untuk Xabre, saat ini masih dipasarkan, masih dijual. Tapi memang kalau pun masih, itu cuma stok lama, untuk sekarang kami lebih fokus ke MT-15 saja," ujarnya kepada pewarta di bilangan Jakarta Pusat, Senin 2 Desember 2019.

Logo Yamaha


Ia menambahkan, penghentian produksi motor yang baru berusia tiga tahun itu bukan disebabkan kualitas yang kurang baik. Namun, kata dia, pasar otomotif yang dinamis membuat selera konsumen terus berubah-ubah setiap tahunnya.

Berkaitan dengan hal itu, Xabre dirasa sudah tak sesuai tren, sehingga posisinya harus tergeser MT-15 yang lebih baru dan juga canggih.

Yamaha Xabre


Usai pemutusan penghentian produksi, publik pun seakan penasaran dengan harga bekas dari Xabre di pasaran. Akankah keputusan Yamaha menyuntik Xabre membuat motor sport yang kala peluncurannya melibatkan Valentino Rossi di Bali itu hancur lebur?

100KPJ pun mencoba menggali info dari sejumlah pedagang motor bekas di kawasan Condet, Jakarta Timur. Menurut Sofyan, dari Arjuna Motor, harga Yamaha Xabre bekas memang mengalami penurunan alias murah meriah.

Bagaimana tidak, untuk Xabre keluaran 2016 hingga 2018 saja, tak lebih dari Rp17 juta. "Kalau tahun 2016-2018 kisarannya Rp16 jutaan. Memang turun, sebab untuk keluaran baru tahun 2018 saja bekasnya Rp18-19 jutaan," kata dia.



Sementara itu, jika melihat harga Xabre bekas di lapak online, lebih mengejutkan lagi. Sebab ada yang menjual dengan harga Rp13-Rp14 jutaan untuk produksi 2016. Semua tentu tergantung pada kondisi dan kelengkapan dokumen.

Angka ini sangat kontras dengan Xabre kondisi baru. Sebab motor naked ala supermoto ini memiliki harga jual Rp30,7 jutaan.
Berita Terkait
hitlog-analytic