Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sama-sama 155cc, Mesin Yamaha Lexi LX 155 Banyak Bedanya dengan Nmax dan Aerox

Mesin motor Yamaha Lexi LX 155

100kpj –  PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah meluncurkan Yamaha Lexi LX 155 pada Jumat 12 Januari 2024. Walau memiliki kapasitas mesin 155cc sama dengan Yamaha Nmax dan Aerox, ternyata ada yang beda dari mesin Lexi LX 155.

Sudah tak pakai mesin 125cc, kini Lexi mengandalkan mesin Blue Core 155cc generasi terbaru. Mesin terbaru pada Lexi LX 155 menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3 kW/8000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.2 Nm/6500 rpm.

Selain itu, mesin LEXi LX 155 juga telah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation), SOHC, 4 valve dan liquid cooled. Penampilan pun mengalami beberapa perubahan, serta adanya fitur-fitur terkini seperti pada Nmax dan Aerox.

Yamaha Lexi LX 155

Ada juga Smart Motor Generator berfungsi membuat suara motor diklaim lebih halus saat dinyalakan. Technical & Education PT YIMM, Ferry Nurul Fajar, mengungkapkan bahwa mesin baru ini fokusnya meningkatkan efisiensi penggunaan BBM dan mereduksi gesekan di dalam mesin.

"Dari minim gesekan ini yang kita ubah pertama kali berfokus pada rotor atau magnet yang lebih ringan. Namun saat membuat magnet ini ringan, kita memikirkan balance antara bagian kanan dan kiri juga kita harus perhatikan agar seimbang," ucap Fajar pada wartawan di Bandung, akhir pekan lalu.

Yamaha juga melakukan ubahan selanjutnya pada crankshaft atau krukasnya menjadi lebih pendek untuk mengurangi bobot. "Ketiga untuk perpindahan putaran dari cranksaft ke camsaft atau pergerakan katup itu kita ubah di camsaft atau tepatnya pada dudukan sproket-nya," ujarnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic