Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kampus ITS Bikin Motor Listrik Baru Sebanyak Ini, Siap Bikin Pabrikan Ketar-ketir

Motor listrik ITS
Sumber :

100kpj – Kampus ITS, atau Institut Teknologi Sepuluh Nopember kembali melahirkan motor listrik bernama EVITS TS-1 (Electric Vehicle ITS tipe pertama), dan siap bikin pabrikan ketar-ketir karena spesifikasi yang ditawarkan.

EVITS TS-1 dibekali baterai lithium berdaya 60 volt 26 Ah, diklaim dari kondisi penuh sampai habis motor listrik itu bisa berjalan sejauh 110 kilometer, namun untuk kecepatan maksimalnya hanya 55 km per jam.

Baca juga: Motor Listrik Buatan Mahasiswa ITS Bisa Jalan Ratusan KM, Bikin Pabrikan Minder

Tenaganya itu berasal dari motor penggerak, atau dinamo yang tertanam di roda belakang, bukan lagi menggunakan van belt seperti GESITS, sehingga tidak menimbulkan suara bising saat dikendarai di jalan.

Untuk mengajaknya berlari dari kondisi diam sampai sejauh 55 km, butuh waktu 7-8 detik. Bermodal spesifikasi tersebut, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari percaya diri bahwa produknya itu bisa bersaing di pasar.

“EVITS TS-1 yang digadang-gadang siap bersaing di pasar otomotif nasional ini merupakan produk motor listrik yang didesain ergonomis dengan kemampuan akselerasi yang baik,” ujar Ashari dikutip dari keterangannya, Rabu 24 Januari 2024.

Bahkan motor listrik tersebut diklaim punya kandungan lokal yang sangat tinggi, dan jika dipasarkan secara massal sudah berhak menerima insentif dari pemerintah, atau subsidi Rp7 juta seperti yang ada saat ini.

Berita Terkait
hitlog-analytic