Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Listrik Buatan Mahasiswa ITS Bisa Jalan Ratusan KM, Bikin Pabrikan Minder!

Motor listrik ITS
Sumber :

100kpj – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) salah satu perguruan tinggi yang fokus mengembangkan kendaraan listrik. Setelah sukses melahirkan motor listrik GESITS, kini mereka rilis produk terbaru, yaitu EVITS TS-1.

Nama motor listrik terbaru buatan mahasiswa itu merupakan singkatan dari Electric Vehicle ITS, atau EVITS. Motor matik pelahap seterum itu memiliki desain ergonomis dengan dimensi kompak, serta performa mumpuni.

Menariknya bukan sekadar menjadi bahan riset, namun motor listrik hasil kolaborasi PT ITS Tekno Sains dengan PT Panggung Electric Citrabuana itu sudah produksi massal, dan sebagian sudah dipasarkan.

EVITS sepertinya bisa bikin motor listrik yang sudah beredar dipasaran minder, sebab jika umumnya skutik listrik jarak tempuhnya hanya puluhan kilometer, namun produk besutan perguruan tinggi itu bisa jalan hingga ratusan km.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan, motor listrik ini siap bersaing di pasar otomotif nasional, yang didesain dengan kemampuan akselerasi yang baik serta daya jelajah tergolong jauh.

EVITS TS-1 dibekali baterai lithium berdaya 60 volt 26 Ah, diklaim dari kondisi penuh sampai habis motor listrik itu bisa berjalan sejauh 110 kilometer, namun untuk kecepatan maksimalnya hanya 55 km per jam.

Tenaganya itu berasal dari motor penggerak, atau dinamo yang tertanam di roda belakang, bukan lagi menggunakan van belt seperti GESITS, sehingga tidak menimbulkan suara bising saat dikendarai di jalan.

Berita Terkait
hitlog-analytic