Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Konversi Motor Listrik Gak Laku Walau Dapat Subsidi Rp10 Juta, Ini Tanggapan AISI

Vespa konversi motor listrik oleh Elders Energy
Sumber :

100kpj – Program konversi motor listrik yang digelar oleh pemerintah masih sepi peminat, padahal mendapatkan subsidi sebesar Rp10 juta untuk konversi motor bensin ke motor listrik. Asosisasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pun memberikan penilaiannya mengapa program tersebut masih belum menarik banyak minat masyarakat di Tanah Air.

Periode April-Desember 2023 pemerintah memberikan subsidi konversi motor listrik 50 ribu unit, tapi penyerapannya tidak sampai 2 persen, seperti disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif.

“Kicik-kicik (kecil), malu dah di bawah (1.000 unit), yang daftar sih banyak,” ujar Arifin kepada wartawan, dikutip, Selasa 16 Januari 2024.

Konversi motor listrik

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pendekatan, sehingga diharapkan target 150 ribu unit sepanjang 2024 bisa tercapai setelah nilai insentifnya dinaikkan dari tahun lalu.

“Jadi memang kita perlu upaya-upaya keras untuk bisa menarik minat masyarakat sehinngga memang konversinya bisa dilakukan,” sambungnya.

Menanggapi kecilnya peminat konversi motor listrik, Sekretaris Umum AISI, Hari Budiyanto memberikan tanggapannya. Menurutnya, faktor yang membuat program ini sepi adalah harga yang bersaing dengan harga motor listrik di pasaran yang sudah murah, dan mendapatkan subsidi juga dari pemerintah sebesar Rp7 juta.

Berita Terkait
hitlog-analytic