Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menteri ESDM Malu Ungkap Peminat Konversi Motor Listrik, Cuma Segini

Konversi motor listrik
Sumber :

100kpj – Populasi motor paling banyak di Indonesia, maka salah satu cara pemerintah menekan emisi gas buang dari kendaraan roda dua tersebut adalah memberikan subsidi besar untuk konversi menjadi motor listrik.

Bahkan demi menarik minat masyarakat untuk mengubah mesin berbahan bakar menjadi penggerak listrik, insentif yang diberikan pemerintah meningkat dari sebelumnya hanya Rp7 juta menjadi Rp10 juta di tahun ini.

Tidak heran jika nilai insentif dibuat lebih besar, karena berkaca dari 2023 masih sedikit minat masyarakat yang ingin mengubah motor berbahan bakarnya menjadi penggerak listrik, bahkan jauh dari kuota. 

Periode April-Desember 2023 pemerintah memberikan subsidi konversi motor listrik 50 ribu unit, tapi penyerapannya tidak sampai 2 persen, seperti disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif.

“Kicik-kicik (kecil), malu dah di bawah (1.000 unit), yang daftar sih banyak,” ujar Arifin kepada wartawan, dikutip, Selasa 16 Januari 2024.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pendekatan, sehingga diharapkan target 150 ribu unit sepanjang 2024 bisa tercapai setelah nilai insentifnya dinaikkan dari tahun lalu.

“Jadi memang kita perlu upaya-upaya keras untuk bisa menarik minat masyarakat sehinngga memang konversinya bisa dilakukan,” sambungnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic