Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tim KNKT dan Kemenhub Temukan Karat di Rangka eSAF Motor Honda, Ini Penyebabnya

Honda Scoopy dan Vario jadi yang terlaris di IMOS 2022

100kpj –  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lewat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan penilitian pada rangka eSAF motor Honda. Ternyata, tim peneliti temukan rangka karatan pada motor milik konsumen.

Penelitian sendiri dilakukan sejak Agustus hingga September 2023. Pemeriksaan pada rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) ini demi mewujudkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan serta menindaklanjuti adanya keluhan masyarakat.

Di mana, sebelumnya viral rangka eSAF pada beberapa motor Honda itu dinilai mudah karatan, keropos hingga patah. Berdasarkan penelitian ditemukan rangka eSAF yang karatan pada motor konsumen oleh Ditjen Hubdat dan KNKT.

Hasil pemeriksaan ditemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran. Udara lembab itu yang membuat jadi karatan.

“Sehingga membuat air tersumbat serta berpotensi menyebabkan udara lembab di sekitar rangka dan dapat bersifat korosif,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam siara pers, Jumat 15 September 2023.

Baca Juga: KNKT dan Kemenhub Beberkan Hasil Investigasi Rangka eSAF Motor Honda

Rangka eSAF motor Honda
Berita Terkait
hitlog-analytic