Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

KNKT dan Kemenhub Beberkan Hasil Investigasi Rangka eSAF Motor Honda

Proses perakitan Honda Genio di Cikarang
Sumber :

100kpj – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah lakukan investigasi terkait rangka eSAF motor Honda. Penelitian dilakukan sejak Agustus hingga September 2023.

Pemeriksaan pada rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) ini demi mewujudkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan serta menindaklanjuti adanya keluhan masyarakat. Di mana, viral rangka tersebut mudah karatan, keropos hingga patah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, mengungkapkan jika masyarakat tak perlu cemas karena saat ini sedang proses perbaikan. Penelitian dilakukan untuk mengutamakan kendaraan bermotor yang berkeselamatan ke depannya.

“Hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti telah ditindaklanjuti. Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," ujar Hendro, dalam keterangan resminya, Jumat 15 September 2023.

Rangka esaf pada motor Honda

Tim peneliti sendiri melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik Honda di Kawasan Industri Indotaise Karawang, Jawa Barat. Peniliti memaparkan, jika PT Astra Honda Honda (AHM) membuat rangka eSAF dari raw material berupa High Strength Steel (HSS) diproses menjadi rangka.

Kemudian dilakukan pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup). Lalu adanya proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding dan pelapisan.

Berita Terkait
hitlog-analytic