Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jawaban Yamaha soal Silikat yang Diterapkan Pada Rangka eSAF Motor Honda

Proses perakitan Honda Genio di Cikarang
Sumber :

100kpj – Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) buatan PT Astra Honda Motor (AHM) yang digunakan pada motor matik barunya dikeluhkan konsumen karena diduga berkarat, keropos, hingga patah.

Ada 4 model yang menggunakan rangka eSAF, yaitu dimulai dari Honda Genio pada 2019, lalu All New BeAT, Scoopy, dan Vario 160. Hingga kini frame yang terbuat dari plat baja itu masih menjadi perbincangan hangat.

Rangka tubular motor Yamaha

Klarifikasi yang diberikan AHM beberapa waktu lalu dianggap bukan menjadi solusi. Hingga akhirnya isu rangka eSAF disorot pemerintah terkait, seperti Kementerian Perhubungan bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian.

Sebelumnya melalui unggahan video Instagram resminya, produsen motor berlambang sayap mengepak tersebut menjelaskan bahwa bercak kuning pada rangka eSAF dianggap bukan karat, melainkan silikat. 

Hanya dengan dibersihkan pakai tisu kering, bercak kuning pada sasis itu tidak lagi menempel pada tisu setelah dilap kedua kalinya. Berbeda dengan karat yang selalu menempel di tisu setelah digosok, atau dilap.

“Lapisan silikat yang terbentuk berfungsi untuk melapisi hasil pengelasan dari hasil oksidasi, atau karat,” kata pria bertopeng yang merupakan perwakilan dari PT AHM di dalam video tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic