Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kemenkeu Pastikan Belum Ada Pembahasan soal Subsidi BBM Pertamax

Motor isi bensin
Sumber :

100kpj – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan bahwa pihaknya belum membahas soal rencana pemerintah akan memberikan subsidi terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax. Walaupun, ada usulan Pertamax jadi BBM subsidi dari Kementerian ESDM.

Sebelumnya, Pertalite yang jadi BBM subsidi akan dihapus oleh Pertamina pada tahun depan. Menghilangkan Pertalite dengan kandungan RON 90 itu sesuai aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait angka minimum kandungan oktan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.

Kabarnya, Pertamax akan menjadi BBM bersubsidi di tahun 2024. Namun, Kemenkeu memastikan bahwa hingga kini belum ada pembahasan terkait hal itu.

"(Pembahasan subsidi) Pertamax 2024 belum ada," kata Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Kemenkeu, Wahyu Utomo kepada awak media di Kantor Kemenkeu, Jakarta Rabu, 30 Agustus 2023.

Ketika ditanya apakah pembahasan terkait rencana subsidi Pertamax masih di Kementerian ESDM, Wahyu mengatakan bahwa hal itu mungkin saja. Namun, untuk saat ini Pertamax masih masuk kategori non subsidi.

"(Pembahasan subsidi Pertamax di ESDM) iya mungkin ya, saya belum pernah tuh. Jadi yang dialokasikan kan jenis bahan bakar itu ada tiga jenis bahan tertentu, jenis bahan bakar penugasan, dan umum. Pertamax kan masuk umum, jadi harusnya masuk mekanisme pasar," kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan bahwa Kementerian ESDM sendiri tengah mengkaji rencana memberikan subsidi terhadap bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax.

Berita Terkait
hitlog-analytic