Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Curiga Jadi Lahan Cari Duit, Anggota DPR Usulkan SIM Berlaku Seumur Hidup

Smart SIM.
Sumber :

100kpj – Anggota Komisi III DPR RI, Benny K Harman mengusulkan surat izin mengemudi (SIM) berlaku seumur hidup. Dia menyatakan bila pengurusan perpanjangan SIM dikhawatirkan malah menjadi celah bagi oknum untuk lakukan pungli.

Hal tersebut diungkapkan oleh Benny saat rapat dengan Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu 5 Juli 2023. Dia menilai perpanjangan SIM yang dilakukan setiap 5 tahun bisa jadi lahan cari duit.

"Saya senang SIM bukan bagian dari PNBP, bagian pelayanan. Tapi kalau itu bagian pelayanan mestinya tidak boleh ada lagi masa berlakunya SIM, harus seumur hidup," kata Benny dalam rapat kerja Komisi III DPR dengan Korlantas Polri.

Benny menduga pengurusan SIM menjadi sumber pungli selama ini. Karena itu, dia mendorong agar ada terobosan untuk menghentikan praktik haram tersebut.

"Kalau setiap lima tahun ya itu kan alat cari duit. Jadi kalau bapak konsisten, saya dukung hapus itu, SIM satu kali saja ujian. Itu kalau mau benar, tapi kalau mau cawe-cawe, polisi mau cawe-cawe, di SIM itu caranya. Perpanjang SIM," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.

Selain mendukung SIM seumur hidup, ia juga meminta polisi konsisten menerapkan aturan ujian SIM sehingga pemegang SIM hanya yang benar-benar berhak memilikinya.

Berita Terkait
hitlog-analytic