Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bamsoet Dukung Semua Jenis Motor Bisa Masuk Jalan Tol dengan Syarat Ini

Bambang Soesatyo.
Sumber :

100kpj – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, menilai sepeda motor seharusnya bisa mencicipi jalan bebas hambatan atau jalan tol. Akan tetapi dengan beberapa syarat, salah satunya adalah jalurnya harus di pisah antara mobil dan motor.

Jalur yang dipisah tersebut, seperti di jembatan tol Suramadu (Surabaya-Madura) atau tol Bali Mandara. Sebab, menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI ini menilai agak riskan jika tidak ada pembatas antara mobil dan motor.

"Kendaraan memiliki hak nikmati jalan tanpa hambatan. Intinya kalau jalan tol memungkinkan seperti di Bali, ada pemisah, mungkin 2-3 meter khusus kendaraan roda 2. Tapi kalau kondisi tolnya tak ada jalan pemisah, itu memang agak riskan. Imbauan saya kepada pemerintah, dan pengelola jalan tol, mulai dipikirkan membangun jalan tersendiri, bagi kendaraan roda 2, karena mereka jg punya hak untuk menikmati kue pembangunan. Juga membayar pajak, sama," ujar Bamsoet di Jakarta, Kamis 2 Februari 2023.

Lebih lanjut, Bamsoet menilai dengan motor yang masuk tol pun bisa menguntungkan secara bisnis, di mana jumlah roda dua lebih banyak dari mobil. Maka itu, ada baiknya dibuatkan jalur khusus untuk motor, tak hanya motor gede saja.

"Secara bisnis ini juga tidak merugikan. Karena masuk tol juga motor bayar dan jumlahnya lebih banyak dari pada mobil. Jadi, di sisi kiri jalan, bangun khusus motor dengan pemisah seperti di Bali. Itu ideal dan secara bisnis tetap menguntungkan bagi pengelola tol ," katanya.

Jalan tol dalam kota.

Sebelumnya, wacana motor masuk tol diajukan oleh segelintir pemilik moge karena memiliki kapasitas mesin lebih besar dan juga membayar pajak yang cukup mahal. Namun, Bamsoet menilai semua motor memang harusnya bisa memasuki jalan tol.

Berita Terkait
hitlog-analytic