Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Soal Mahasiswa UI Tewas Kecelakaan, Pengamat: Penetapan Tersangka itu Logis

Sang Ibu bersama foto Muhammad Hasya Attalah
Sumber :

100kpj – Mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Muhammad Hasya Atallah Syaputra, yang tewas karena kecelakaan dijadikan tersangka oleh Polisi. Pengamat transportasi Ki Darmaningtyas mengatakan, penetapan tersangka oleh polisi terhadap korban itu logis.

Ditetapkannya korban sebagai tersangka, disebutkan Polisi karena kelalaiannya sendiri. Bukan karena kelalain pengemudi Pajero yang dikendarai Purnawirawan Polri yang juga terlibat dalam kecelakaan yang terjadi 6 Oktober 2022.

Ki Darmaningtyas mengatakan, menyebut penetapan tersebut masih masih masuk akal, jika melihat kronologis kecelakaan itu. Belum lagi, pernyataan dari beberapa saksi.

"Kalau berdasarkan yang saya baca dari kronologi dan kesaksian para saksi, persoalan itu terjadi pada pengendara sepeda motor, yang mengendarai motor dengan kencang, dan mungkin knalpotnya diubah. Kalau melihat kronologi yang ada, saya kira penetapan tersangka itu logis," kata Darmaningtyas kepada wartawan, Minggu, 28 Januari 2023.

Darmaningtyas mengatakan, korban itu tidak selalu benar. Kebanyakan yang terjadi, kecelakaan sepeda motor itu terjadi karena kelalaian pengendara, ada yang melawan arus dan ada yang zig-zag.

"Kalau kita melihat kasus yang di Srengseng Sawah ini, itu kan motor jatuh duluan, baru tertabrak mobil. Publik harus disadarkan bahwa pengendara mobil tidak selalu salah dan pengendara motor tidak selalu benar. Pada situasi tertentu pengendara mobil bisa benar. Kalau yang terjadi mobilnya ngebut dan menyerempet motor dan jatuh, itu baru mobil yang salah," katanya.

Baca Juga: Cuma Segini Kecepatan Mobil Pensiunan Polri yang Tabrak Mahasiswa UI Hingga Tewas

Berita Terkait
hitlog-analytic