Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Yamaha Grand Filano di Indonesia Kok Gak Ada Versi ABS seperti di Thailand?

Yamaha Grand Filano
Sumber :

100kpj – Line up produk Classy Yamaha di Indonesia akhirnya bertambah dengan hadirnya Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected pada Selasa 17 Januari 2023. Ada yang berbeda dengan skutik bergaya klasik yang diluncurkan di Tanah Air dengan yang di Thailand.

Untuk desain dan mesin memang tidak ada yang berbeda sama sekali dengan Grand Filano yang di Thailand. Pada fitur, versi Indonesia tak dibekali dengan fitur keselamatan ABS (Anti-lock Braking System).

Bahkan di Negeri Gajah Putih itu, ada Grand Filano yang pakai peranti Unified Brake System (UBS). Rem UBS sebenarnya cara kerjanya mirip dengan Combi Brake System (CBS) pada skutik keluaran Honda.

Yamaha Grand Filano

Di mana, saat tuas rem belakang ditekan maka rem depan dan belakang bisa bekerja bersamaan secara otomatis. President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti, menjelaskan alasan pihaknya tak hadirkan fitur UBS ataupun ABS pada Grand Filano yang dijual di Indonesia.

"UBS itu adalah peraturan dari Thailand, di Indonesia belum diperlukan sehingga itu akan menambahkan cost (biaya). Berdasarkan penelitian kita, (motor) ini bukan dipakai untuk kecepatan tinggi, sehingga kita meluncurkan model ini lebih ke appearance (desain). Sehingga kita tidak adopt ABS," ujar Dyonisius saat peluncuran di Jakarta Selatan.

Walau begitu, bukan tidak mungkin ke depannya bakal hadir Yamaha Grand Filano versi ABS di Indonesia. "Tapi kalau memang suatu ketika masukkan dari customer, why not? (akan disematkan fitur ABS)," tambahnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic