Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pengguna Motor Paling Banyak Kecelakaan Sepanjang Libur Natal dan Tahun Baru

Kecelakaan Yamaha NMAX
Sumber :

100kpj – Sebagai kendaraan 'antimacet', sepeda motor menjadi pilihan transportasi paling favorit untuk kegiatan sehari-hari. Harganya yang terjangkau juga membuat masyarakat mudah untuk memiliki kendaraan roda dua tersebut.

Tidak heran jika penjualan sepeda motor di Indonesia mencapai jutaan unit setiap tahun, atau jauh lebih banyak dari mobil. Namun tidak semua pengguna motor di jalan raya tertib, atau memerhatikan tingkat keselamatan.

Salah satunya selama musim libur Natal, dan tahun baru 2022. Selama pelaksanaan operasi lilin pada 23 Desember 2022, sampai 2 Januari 2023, Korlantas Polri mencatat pengendara motor paling banyak terlibat kecelakaan.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, selama operasi lilin tahun lalu tidak ada kecelakaan di jalan tol yang menonjol. Tapi di jalur arteri cukup banyak peristiwa kecelakaan lalu lintas yang menjadi sorotan.

“Masih kendaraan bermotor roda dua yang mendominasi kecelakaan ini,” ujar Irjen Pol Firman dikutip dari NTMC Polri, Rabu 4 Januari 2023.

Korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan di nataru 2022 menurun, lebih sedikit dibandingkan libur nataru 2019 atau sebelum pandemi covid-19, di mana jumlah pengendara atau antusias mayarakat tidak kalah banyak.

Tercatat jumlah korban meninggal dunia akibat laka lantas di tahun lalu turun 40 peren, kemudian yang mengalami luka berat turun 19 persen, dan luka ringan turun 5 peren.

Berita Terkait
hitlog-analytic