Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Berkat Program AHYPP, Bengkel di Bali Ini Mampu Raup Omset hingga Rp60 Juta

Esta Garage binaan AHM
Sumber :

100kpj – Yayasan Astra Honda Motor atau AHM terus mencoba mengembangkan potensi generasi muda alumni SMK. Salah satunya melalui program Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP), lewat pelatihan teknik bengkel dan juga kewirausahaan.

Salah satu yang menorehkan kesuksesan lewat program AHYPP tersebut adalah Yoga Prasetyo. Dia membangun Esta Garage di kawasan Canggu, Kabupaten Badung, Bali.

Yoga yang merupakan lulusan SMM Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi sukses dalam membesarkan bengkelnya. Dia mengungkapkan awalnya membuka bengkel di Banyuwangi, akan tetapi tidak terlalu bagus penghasilannya.

"Jadi sejak kelas 2 SMK pada 2018 sudah mulai buka bengkel. Awal mula modal Rp15 jutaan. Setelah dijalani, ternyata kurang bagus karena ada 22 bengkel di sana, dan omset pun kurang bagus," ungkap Yoga, Kamis 1 Desember 2022.

Hingga akhirnya, dia memilih hijrah ke Bali usai ditawarkan oleh sang Ibu. Bengkelnya mulai stabil hingga raih omset puluhan juta usai mendapat pinjaman dana dari Yayasan AHM.

"Ditawarin sama Ibu pindah ke Bali, awal bulan omset Rp6 juta, tapi bengkel belum benar. Lalu dapat bantuan renov sebesar Rp7,5 juta. Setelah itu ditambah lagi permodalan Rp25 juta tanpa bunga. Cukup membantu untuk membeli alat-alat agar lebih cepat kerjanya," katanya.

"Sekarang omset rata-rata Rp23 sampai Rp26 juta, sampai pernah menyentuh Rp60 juta. Kini, jumlah karyawan ada tiga orang," lanjut Yoga.

Berita Terkait
hitlog-analytic