Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Catatan Penting Untuk Pemilik Motor Sport saat Pilih Oli Mesin

Oli mesin untuk motor sport
Sumber :

100kpj – Untuk mendapatkan mesin yang lebih bertenaga, motor balap biasanya memiliki kompresi ruang bakar yang lebih padat. Diameter piston, dan klep dibuat lebih besar, serta penyesuaian noken as atau camshaft.

Bukan hanya itu, asupan bahan bakar dibuat lebih boros dengan menyesuaikan sistem injeksi atau lubang injektornya. Diiringi dengan pengapian, atau penyetelan dari ECU (Electronic Control Unit).

Baca juga: Royal Enfield Percepat Garap Motor Listrik, Rekrut Tenaga Ahli

Mesin New Honda CBR250RR SP QS

Bukan hanya di motor balap, perkembangan teknologi juga membuat mesin kendaraan roda dua dalam kondisi standar pabrikan semakin ringkas, dan ringan. Jarak antara komponen di dalamnya dirancang lebih rapat.

Bagian piston dan dinding silinder dibuat lebih rapat, tujuannya untuk mengoptimalkan kompresi ruang bakar. Hal itu juga diterapkan pada motor sport, untuk mencegah bahan bakar menyusup ke sistem pelumasan.

“Karena jarak yang lebih rapat, mesin-mesin motor sekarang membutuhkan viskositas pelumas yang encer,” ujar Technical Specialist PT Pertamina Lubricants, Brahma Putra Mahayana dikutip dari keterangan resminya, Rabu 26 Oktober 2022.

Berita Terkait
hitlog-analytic