Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mesin Sama, Honda Monkey Bisa Saling Tukar Komponen dengan Supra X?

Honda Monkey resmi meluncur di GIIAS 2019.
Sumber :
AHM

100kpj – Pekan lalu, di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya resmi menjual Honda Monkey untuk pasar Indonesia. Menariknya, kuda besi bertubuh mungil itu masih menganut mesin lawas milik Supra X 125.

“Mesin Honda Monkey mempunyai diameter kali langkah 52,4 x 57,9 mm, sama persis seperti Supra X 125 FI. Sedangkan untuk rasio kompresinya, Monkey itu 9,3 banding satu,” terang Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno kepada pewarta di gedung ICE BSD, Tangerang Selatan.

Perbedaan keduanya, hanya terletak di bagian kopling. Sebab, Honda Monkey memakai jenis manual, seperti yang biasa ditemukan di motor berjenis sport. Sedang, Supra X 125 FI masih menganut model sentrifugal.

Lantas, apakah dengan demikian dua motor tersebut bisa saling bertukar komponen mesin? “Bisa,” jawab Endro.

“Tapi saya belum mengukur panjang as untuk poros engkolnya, sama atau tidak. Takutnya, karena pakai kopling manual, as Monkey jadi lebih pendek. Sehingga tidak bisa terpasang sempurna. Tapi, kalau panjang as poros engkolnya sama, ya bisa langsung plug and play,” lanjutnya.

Sebagai tambahan, Honda Monkey yang dihadirkan secara utuh dari Thailand itu tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Banana Yellow, Pearl Nebula Red, dan juga Pearl Shining Black. Ketiganya dipasarkan seharga Rp65 juta, on the road Jakarta.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic