Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Awas Macet Parah, Ada 23 Juta Mobil dan 17 Juta Motor yang Mudik

Tol Jakarta-Cikampek macet contraflow
Sumber :

100kpj – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memprediksi bakal terjadi kemacetan parah dalam mudik lebaran 2022. Ini berdasarkan survei dari Kementerian Perhubungan, diperkirakan akan ada 40 juta kendaraan.

"Dari survei Kementerian Perhubungan didapatkan hasil bahwa akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh para pemudik. Ini adalah jumlah yang sangat besar dan diperkirakan akan terjadi kemacetan parah," kata Jokowi, dilansir dari VIVA.co.id

Demi menghindari kemacetan tersebut, Jokowi mengimbau agar para pemudik melakukan perjalanan berangkat lebih awal. Pemudik diharapkan menghindari puncak arus mudik yakni tanggal 28-30 April 2022.

Presiden Jokowi masuk ke kabin Xpander baru di GIIAS

"Oleh karena itu saya mengajak masyarakat untuk menghindari Puncak arus mudik pada tanggal 28, 29 dan 30 April 2022," ujarnya.

Namun selain mengimbau masyarakat untuk berangkat lebih awal, Pemerintah juga telah menyiapkan berbagai skema untuk menangani kemacetan arus mudik. Seperti salah satunya penerapan ganjil-genap dan satu arah.

"Dalam mengantisipasi itu pemerintah telah menyiapkan rekayasa lalu lintas melalui aturan ganjil-genap pemberlakuan satu arah atau one way dan larangan truk masuk jalan tol. Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal tentu saja menyesuaikan dengan jadwal libur dari tempat bekerja," tambahnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic