Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pedagang Ungkap Harga Pasaran Standar RX King Bekas, Terjangkau Kok

Yamaha RX King bekas.
Sumber :

100kpj – Yamaha RX-King belakangan menjadi perbincangan, setelah harga jualnya di pasar bekas mengalami lonjakan tajam. Bahkan, ada yang berani mematoknya hingga ratusan juta rupiah.

Fenomena tersebut tentu memiliki alasan khusus. Selain karena unitnya sudah tidak diproduksi pabrikan, faktor lain yang membuatnya mahal, adalah karena menjamurnya komunitas-komunitas terkait di Tanah Air. Sehingga, kepastian harga ditentukan berdasarkan pertimbangan suka sama suka.

Menurut Sugandi, selaku pemilik diler yang khusus menjual RX-series di bilangan Sukosari, Serang Baru, Gandi Motor, mengukur harga jual kendaraan jadul terbilang sulit. Apalagi peminatnya banyak, sementara ketersediaannya terbatas.

Pria yang juga tergabung di komunitas King Rider Club itu pun memiliki satu pakem, bahwa harga ideal RX-King yang seharusnya dijual ke pembeli umum tidak mencapai puluhan juta, apalagi ratusan juta rupiah. Pendekatannya tentu terjangkau banyak orang. Namun beda soal jika pembeli berasal dari kalangan komunitas.

“Sulit menentukan harga pasti untuk Yamaha RX-King. Tetapi, kalau gambaran umum dari pedagang, masih ada, sekitar Rp7,5 juta sampa Rp10 juta. Tergantung kondisi mesin dan kelengkapan surat kendaraan,” ungkapnya kepada 100KPJ, Selasa 16 Juli 2019.



“Tapi kalau ketemu buyer dengan pertimbangan ‘suka sama suka’, kita bisa jual di angka Rp70 juta. Bahkan pernah tembus sampai Rp100 juta. Sebenarnya komponen di motor sama saja, tidak ada penambahan. Ini kan soal siapa pembelinya,” sambung dia.

Selain itu, sosok yang akrab disapa Gandi itu juga menuturkan, lonjakan harga itu bahkan bisa meningkat karena satu alasan khusus, yakni sepeda motor masih dalam keadaan new old stock, atau tidak pernah dipakai sejak pertama kali dibeli.

“Iya (bisa jadi lebih mahal), karena unitnya itu stok baru yang disimpan. Masih dibungkus plastik dan tidak pernah dipakai,” kata dia.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)
Berita Terkait
hitlog-analytic