Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Terungkap, Harga RX King Makin Gila-gilaan Ternyata Permainan Pasar

RX King yang dijual Rp45 juta.
Sumber :

100kpj – Berbicara tentang motor jadul, sepertinya sulit mengesampingkan Yamaha RX-King. Kuda besi bersuara cempreng itu keberadaannya masih sering ditemui di jalan raya, atau etalase toko bekas. Namun, namanya kian ramai dibicarakan, setelah harganya mengalami lonjakan tajam.

Salah satu sebabnya adalah karena motor itu tidak lagi diproduksi pabrikan. Padahal, peminatnya di Indonesia masih banyak. Tidak seimbangnya persediaan stok dengan daya beli konsumen itulah, yang membuat banderolnya melambung tinggi.

Pemilik diler yang khusus menjual RX-series di bilangan Sukosari, Serang Baru, Gandi Motor, Sugandi mengatakan, harga ideal RX-King bekas dengan surat kendaraan komplet sebenarnya tak mencapai puluhan juta rupiah.

Pria yang sering menerima pesanan motor dari luar kota itu mengaku, fenomena tersebut hanya permainan pasar yang diciptakan kolektor dan juga komunitas.

“Sulit menentukan harga pasti untuk Yamaha RX-King. Tetapi, kalau gambaran umum dari pedagang, masih ada, sekitar Rp7,5 juta sampa Rp10 juta. Tergantung kondisi mesin dan kelengkapan surat kendaraan,” ujarnya kepada 100KPJ, Selasa 16 Juli 2019.

“Tapi harga itu bisa menjadi mahal karena menjamurnya komunitas RX-King di Indonesia. Mereka membuat kesepakatan berdasarkan suka sama suka, jadi pertimbangannya kekeluargaan, persaudaraan, dan kekompakan,” sambungnya.

Sosok yang akrab disapa Gandi itu juga mengaku, saat ini tidak lagi mengejutkan jika melihat RX-King dijual hingga ratusan juta rupiah. Sebab, ia pernah bersentuhan langsung dengan fenomena tersebut.

“Kalau ketemu buyer dengan pertimbangan tadi (suka sama suka) kita bisa jual di angka Rp70 juta. Bahkan pernah tembus sampai Rp100 juta. Sebenarnya komponen di motor sama saja, tidak ada penambahan. Ini kan soal siapa pembelinya,” kata dia.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic