Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Begini Jadinya Andai Motor Trail Dipaksakan Pakai Pelek Racing

Yamaha WR 155 R
Sumber :

100kpjMotor trail atau off road biasanya menggunakan pelek ban jari-jari, bukan racing. Bahkan, sekalipun dimodifikasi, jarang sekali kita temukan ada seseorang yang melakukan pergantian tersebut. Lantas, mengapa demikian? 

Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA), Muhammad Arief menjelaskan, motor trail atau off road umumnya menggunakan ban dalam, bukan tubeless. Sehingga, penggunaan peleknya juga harus disesuaikan dengan komponen tersebut.

“Kalau ban tubeless itu kan berhubungan dengan peleknya. Kalau ban tubeless, rata-rata peleknya itu pelek racing. Nah, di off road itu enggak ada yang pakai pelek racing. Kenapa? Karena dia rigit, gampang patah,” ujar Muhammad Arief saat berbincang dengan wartawan di Hambalang, dikutip 100KPJ.com, Rabu 15 Desember 2021.

Yamaha WR 155 R

Lebih jauh, Arief menjelaskan, motor trail membutuhkan ayunan yang baik saat digunakan di habitat aslinya. Sehingga, penggunaan pelek jari-jari diharuskan, lantaran fungsinya yang seperti suspensi tambahan pada ban. 

“Kenapa ban motor trail pakai (pelek) jari-jari? Karena pelek itu fleksibel, fungsinya seperti suspensi, bisa membantu ayunan. Jadi main off road itu memang banyak suspensi,” terangnya.

Mengurangai Tekanan Ban Sebelum Off Road

Berita Terkait
hitlog-analytic