Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Beda Cuma Sejutaan, Beli Honda Scoopy atau Yamaha Fino?

Yamaha Fino dan Honda Scoopy.
Sumber :

100kpj – Rivalitas dua jenama besar asal Jepang, Honda dan Yamaha, sepertinya tidak akan pernah usai. Sebab, keduanya sering melahirkan produk dengan model yang terbilang sama. Sehingga, benturan dagang sering sekali terjadi.

Salah satunya adalah persaingan skuter matik bergaya retro, Honda Scoopy dan Yamaha Fino. Selain tampilannya serupa, jantung mekanis yang tertanam di kendaraan pun terbilang berdekatan. Maka, pantas saja jika konsumen yang ingin membelinya merasa bingung menentukan pilihan.

Lantas, apa saja perbedaan keduanya? Pertama, mengenai tampilan, Scoopy memiliki ukuran tubuh dengan dimensi 1.856 mm x 694 mm x 1.060 mm. Sementara Fino sedikit lebih tinggi, yakni 1.870 mm x  700 mm x 1.066 mm.

Headlamp Scoopy terlihat lebih besar dengan penyematan sepasang lampu sein yang menancap di kedua sisinya. Sedang perangkat pencahayaan milik Fino lebih elegan, dengan lampu utama dan sein yang dirancang terpisah. Bahkan, jaraknya terbilang jauh.

Peletakkan sein di tubuh Fino dinilai lebih baik dari Scoopy. Sebab, dengan membuat sedikit jarak dengan headlamp, membuat cahaya yang dihasilkan lebih optimal, dan tidak berbenturan langsung dengan sumber pencahayaan utama.

Soal fitur, keduanya dibekali ragam teknologi andalan. Honda Scoopy memiliki Idling Stop System (ISS), yang memungkinkan sepeda motor dapat mati otomatis jika berhenti selama tiga detik. Lalu ada fitur alarm bernama Anti-Theft Alarm with Answer Back System, lebih aman ketika memarkir kendaraan di tempat yang belum pernah dikunjungi.

Yamaha Fino memiliki Smart Stand Side Switch yang membuat kendaraan tidak bisa dinyalakan ketika standar tengah belum terlipat sempurna. Fitur lain yang cukup unik adalah Smart Lock System yang berfungsi menjaga Fino agar tidak turun ketika harus berhenti di lintasan yang menanjak.

Beralih ke dapur pacu, Fino menggunakan mesin 125 cc berteknologi Blue Core. Mesin ini diklaim dapat menghemat bahan bakar hingga 50 persen. Sedang Scoopy menganut mesin lebih kecil, hanya 110 cc saja. Dibekali teknologi PGM-FI dan eSP, membuat motor tersebut juga mampu menekan konsumsi bahan bakar.

Menyoal banderol, Honda menyedikan dua ragam pilihan Scoopy dengan harga mulai dari Rp19,1 juta. Sementara Yamaha melego Fino lebih murah Rp1 jutaan, yakni Rp18,05 juta. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic