Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bingung Beli Honda Genio atau Scoopy, Kenali Dulu Bedanya

Skutik Honda Genio.
Sumber :
AHM

100kpj – PT Astra Honda Motor (AHM) menambah lini produknya di segmen skutik, dengan meluncurkan Honda Genio beberapa waktu lalu. Terlahir dengan garis desain menyerupai Scoopy, membuat banyak kalangan bingung menemukan perbedaan keduanya.

Perbedaan paling kentara terletak di bagian head unit kendaraan, di mana Honda Genio dibekali dengan penutup kepala yang membuatnya tampak lebih sporty. Selain itu, lampu sein juga dipasangkan lebih tinggi dari headlamp, dengan tepian yang agak meruncing ke bawah.

Meski keduanya memiliki bentuk tubuh serupa, namun jika diperhatikan lebih jeli, Scoopy lebih minim sudut. Alhasil, nuansa klasik di Scoopy terasa lebih kental. Penggunaan lampu, panel instrumen, dan spion bundar juga memperkuat karakter retro di dalam diri Scoopy.

Soal pencahayaan, baik Genio dan Scoopy dilengkapi lampu depan LED. Panel meter Genio sudah digital sepenuhnya, tapi ukurannya kecil. Sedang Scoopy lebih besar, dengan kombinasi speedometer analog dan MID digital. Keduanya juga ditanamkan indikator ECO sebagai acuan hemat bahan bakar.



Dibangun dari sasis baru dengan teknologi eSAP, membuat ukuran Genio lebih mungil dari Scoopy. Genio berdimensi 1.869 x 692 x 1.061 mm, jarak sumbu roda 1.256 mm dan ground clearance 147 mm. Tinggi jok Genio 740 mm. Sementara Scoopy punya dimensi 1.847 x 686 x 1.061 mm, jarak antar poros roda 1.257 mm, ground clearance 143 mm dan tinggi jok 744 mm.

Perbedaan keduanya juga terletak di komposisi mekanis kendaraan. Kendati keduanya dibekali kapasitas sama, yakni 110cc, namun tenaga yang dihasilkan Scoopy sedikit lebih besar. Genio mampu memuntahkan tenaga 8,8 Tk dan torsi maksimum 9,3 Nm, sedangkan Scoopy menghasilkan kekuatan 8,9 Tk, serta torsi puncak 9,4 Nm.

PT AHM sendiri membekali keduanya dengan fitur eksklusif berupa soket pengisian daya ponsel. Namun, pabrikan berlogo sayap mengepak itu meletakkannya di posisi berbeda. Scoopy memilikinya di bagian laci penyimpanan sebelah kiri, sedang Genio di dalam bagasi jok.



Soal harga, Scoopy baik edisi Stylish maupun Sporty dipasarkan dengan harga sama, yakni Rp19,193 juta. Sedangkan Honda Genio, dipasarkan dengan banderol Rp17,7 juta untuk model CBS-ISS. Sedangkan model CBS dipasarkan dengan harga Rp17,2 juta on the road Jakarta.

Setelah mengetahui ragam perbedaannya, kira-kira kalian mau pilih yang mana? Genio dengan tampilan kasualnya, atau justru Scoopy yang kuat nuansa klasiknya?

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)
Berita Terkait
hitlog-analytic