Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio Group Resmi Bikin Konsorsium Baterai

Motor listrik Yamaha.
Sumber :

100kpj – Empat pabrikan motor raksasa telah resmi melakukan kesepakatan untuk pembentukan konsorsium swap baterai untuk industri sepeda motor listrik. Pabrikan itu adalah, Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio Group.

Seperti dilansir dari Autocar, Kamis 9 September 2021, konsorsium swap baterai ini dinamai Swapable Batteries Motorcycle Consortium (SBMC). Nantinya, baterai itu bisa saling tukar.

Baca Juga: Spesifikasi Terlengkap Honda CBR250RR dengan Daftar Harganya

"Honda percaya bahwa adopsi sepeda motor listrik secara luas dapat memainkan peranan penting dalam mencapai masyarakat yang lebih berkelanjutan. Untuk melakukan ini, kami harus menyelesaikan beberapa tantangan, seperti memperluas jangkauan, mempersingkat waktu pengisian, dan mengurangi biaya kendaraan dan infrastruktur untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan," kata Kepala Operasi Sepeda Motor Honda, Yoshishige Nomura.

Anggota dalam konsorsium ini akan bekerja sama untuk menstandarisasi baterai yang dapat diganti, sistem pengisian dayanya, dan infrastruktur sekitarnya untuk menciptakan ekosistem bagi penggunanya. Tujuannya memastikan sepeda motor tetap dipilih sebagai metode transportasi yang berguna dalam mobilitas masa depan.

"Kami di Yamaha Motor yakin bahwa melalui inisiatif ini, kami dapat membantu menyatukan spesifikasi dan standar teknis yang berbeda dan berkontribusi untuk memaksimalkan manfaat tenaga listrik bagi pelanggan di seluruh dunia," kata Takuya Kinoshita, Senior Executive Officer dan Chief General Manager Yamaha Motor Company Limited.

Berita Terkait
hitlog-analytic