Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Teknologi Ini Bikin Pemakai Knalpot Bising Mati Kutu

Knalpot motor.
Sumber :

100kpj – Motor-motor yang memakai knalpot bising bakal mati kutu dengan teknologi yang dipakai oleh Departemen Transportasi Inggris, yakni Noise Camera. Alat itu dirancang untuk menditeksi batas volume suara kendaraan.

Dilansir Motorcyclenews, kamera ini akan diuji di beberapa lokasi selama tujuh bulan ke depan. Apabila berhasil, maka bajal dikembangkan lebih lanjut di Inggris.

Alat ini ditujukan untuk pengemudi dan pengendara sepeda motor dengan knalpot ilegal serta mereka yang menggeber kendaraan mereka secara berlebihan. Nantinya, suara kendaraan yang lewat bakal direkam.

Sebelum Automatic number-plate recognition (ANPR) dan kamera mengambil gambar sebagai bukti terhadap kendaraan yang melanggar ketentuan suara. Sekretaris Departemen Transportasi Inggris, Chris Grayling, mengatakan, knalpot bising sudah jadi masalah serius.

"Polusi suara membuat kehidupan orang-orang di seluruh Inggris sangat menderita dan memiliki dampak kesehatan yang sangat serius. Inilah sebabnya saya bertekad untuk menindak para pengemudi yang merusak jalan-jalan kita," ujar Grayling.

"Teknologi baru ini akan membantu kita dalam membuat kota-kota kita lebih tenang, dan saya tidak sabar untuk melihat bagaimana kamera baru yang menarik ini bisa bekerja," tambahnya.

Sejauh ini penindakan motor bising dilakukan secara manual oleh petugas patroli polisi. Teknologi ini diharapkan bisa melihat hukum yang telah dilanggar dengan mempertimbangkan kelas dan kecepatan kendaraan relatif terhadap lokasi kamera.

"Dengan meningkatnya tekanan terhadap lingkungan, termasuk polusi suara, knalpot ilegal yang dipasang oleh beberapa pengendara tidak memberikan banyak manfaat yang dapat ditawarkan sepeda motor," kata CEO Asosiasi Industri Sepeda Motor, Tony Campbell.

Berita Terkait
hitlog-analytic