Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kaget Sikap Kemenperin dan Gaikindo soal Pajak Nol Persen Ditolak

Ilustrasi pameran GIIAS 2019
Sumber :

100kpj – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tak mau menyerah walaupun usulan pajak nol persen ditolak Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kemenperin tetap akan berusaha memulihkan industri otomotif.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier. Dia menegaskan instansinya tetap berusaha mempermudah masyarakat memiliki kendaraan baru.

Baca Juga: Gaikindo Akui Target Penjualan Mobil di Tahun Ini Sulit Tercapai

Ini tak lain karena industri otomotif dan pendukungnya menyerap 1,5 juta orang tenaga kerja. Belum lagi kontribusi sekitar 10 persen terhadap perekonomian Indonesia, dan memberikan efek domino ke industri pendukung lainnya.

Booth Honda di GIIAS 2019 Medan

"Kekuatan konsumen untuk membeli itu menjadi penting, jadinya butuh instrumen ke arah situ. Tugas kami di Kemenperin tentu membina industri. Tapi kebijakan fiskal ini kan ada di Kemenkeu keputusannya, jadi tetap kami dorong,” kata Taufik Bawazier pada webinar Industri Otomotif, Kamis, 12 November 2020.

"Jadi kalau dari sisi industrinya sudah kita berikan keringanan pajak, sekarang saatnya memberikan insentif bagi pembeli kendaraan. Kalau jumlah pemesanan dan penjualan meningkat, tentu utilitas pabrik otomotif kita bisa bertambah. Sehingga lebih banyak lagi tenaga kerja yang dilibatkan,” paparnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic