Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Persaingan SUV Harga Terjangkau, Terios Pukul Mundur Xpander Cross

Xpander Cross
Sumber :

100kpj – Demi menghemat ongkos produksi dalam menciptakan produk terbaru, sejumlah pabrikan kendaraan memanfaatkan satu platform untuk dikembangkan menjadi berbagai jenis. Seperti di dilakukan Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi dan Suzuki.

Toyota memanfaatkan platform Avanza yang awalnya mobil Low Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi Rush sebagai Low Sport Utility Vehicle (SUV). Begitu juga dengan Daihatsu sebagai merek aliansinya, yang menyulap Xenia menjadi Terios.

Sejak kedua Low SUV tersebut hadir di pasar Tanah Air, penjualan Toyota dan Daihatsu juga ikut meningkat. Melihat keberhasilan kedua produk tersebut, Honda akhirnya merilis Low SUV bernama BR-V yang menggunakan platform Mobilio. 

All New Daihatsu Terios

Selang beberapa tahun, Mitsubishi juga tidak mau ketinggalan merecoki pasar Low SUV yang terbilang gemuk tersebut. Pada November 2019 lalu, merek mobil berlogo Tiga Berlian itu meluncurkan Xpander Cross yang dikembangkan dari Xpander.

Seperti diketahui, Xpander Cross memang tidak terlalu berubah maksimal seperti halnya Rush, Terios atau BR-V. Mitsubishi hanya menyematkan sejumlah aksesoris pada eksterior, interior, mengubah kaki-kaki dan menambahkan beberapa fitur.

Sementara dari brand asal Tiongkok, DFSK juga memiliki model yang serupa, yakni Glory 560. Namun di tengah persaingan ketat tersebut, tidak semua SUV dengan harga terjangkau itu diterima baik oleh pasar, terlebih saat pandemi covid-19.

Berita Terkait
hitlog-analytic