Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kendaraan Listrik Suaranya Senyap, Polisi Takut Bisa Picu Kecelakaan

Mobil listrik Nissan
Sumber :

100kpj – Sejak setahun terakhir, pemerintah Indonesia sedang menggalakkan program elektrifikasi kendaraan. Hal itu bertujuan untuk mengurangi tingkat polusi di sejumlah kota besar. Lantas, benarkah kendaraan bermesin listrik itu sepenuhnya baik digunakan? Nyatanya tidak juga.

Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Chryshnanda Dwilaksana mengatakan, kendaraan tanpa suara bisa membahayakan pejalan kaki atau pengguna jalan lain. Sebab, saat tikungan atau kendaraan muncul dari sudut tak terlihat, orang lain tak menyadari kehadirannya.

Baca juga: Kendaraan Listrik Jadi Solusi Atasi Polusi Udara yang Kian Mencemaskan

Maka, kata dia, sebelum perusahaan otomotif menjual kendaraan nonemisi tersebut secara massal, ada baiknya mereka melakukan sejumlah riset serta penelitian terkait suara mesin yang dihasilkan.

"Kesenyapan kendaraan juga harus diperhatikan mengingat EV adalah kendaraan yang minim suara. Pelaku industri EV ini harus memperhatikan regulasi soal suara minimal sehingga para pejalan kaki dapat mengetahui saat ada kendaraan yang akan dan sedang melintas," ungkap Chryshnanda dinukil dari Antara, Rabu 9 September 2020.

Taksi Listrik, BYD E6

Berkenaan dengan keselamatan, Chryshnanda juga meminta, kecepatan kendaraan listrik perlu diperhatikan seksama. Sebab jika tidak, risikonya sama, yakni bisa mengancam keselamatan pengguna jalan lain.

Berita Terkait
hitlog-analytic