Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ternyata Orang Indonesia Suka dengan Mobil Murah Ini

mobil murah
Sumber :

100kpjMobil murah menjadi julukan dari Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2), atau juga dikenal dengan mobil Low Cost Green Car (LCGC), yang pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2013 lalu.

Mobil ini diproduksi dengan syarat harus sesuai dengan regulasi yang berlaku, seperti harus menggunakan komponen lokal, kapasitas mesin yang tidak boleh melebihi 1.200cc untuk berbahan bakar bensin, konsumsi bahan bakarnya harus mencapai 1:20. 

Harga jualnya pun dibatasi ketika pertama kali muncul, harga jualnya tidak boleh lebih dari Rp150 juta. Alhasil, mobil murah ini berhasil menggaet pembeli pertama serta menggoda masyarakat yang ingin punya mobil hingga saat ini.

Toyota Agya

Penjualan Mobil Murah

Ada beberapa merek mobil asal Jepang yang ikut menawarkan produk mobil murah, seperti Honda, Toyota, Daihatsu, dan Suzuki. Sebelumnya ada pula Datsun, namun di awal tahun ini merek di bawah naungan Nissan Motor itu menghentikan produksinya di Indonesia.

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip dari Viva memperlihatkan, trimester pertama 2020 penngiriman unit baru dari pabrik ke diler-diler resmi (wholesales) mencapai mencapai 51.685 unit. Jika dirata-rata per bulan, penjualannya bisa mencapai angka 17 ribuan unit.

Berita Terkait
hitlog-analytic