Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Indonesia Bakal Daur Ulang Limbah Baterai Mobil Listrik

Baterai kendaraan listrik
Sumber :

100kpj – Kendaraan listrik kini menjadi masa depan bagi industri otomotif. Tapi yang menjadi masalah utama adalah baterai penyimpanan daya listrik, yang mana pembuatan masih sangat mahal, bahkan bisa mencapai hampir 50 persen dari total ongkos produksi.

Sama seperti aki, baterai pada mobil listrik juga memiliki masa pakai. Apabila sudah berulang kali dicas dalam kurun beberapa tahun, maka kemampuan menyimpan arus menjadi berkurang dan tidak lagi memadai untuk menggerakkan kendaraan.

Baca Juga:
6 Artis Cantik Ini Dihadiahi Mobil Mewah dari Pacarnya, Jangan Iri Yah

Mau Bercinta di Mobil tapi Takut Keracunan AC dan Mati, Ini Tipsnya

Jika sudah begitu, maka hanya ada dua pilihan yang bisa dilakukan, yakni mendaur ulang atau menjadikannya sebagai sampah. Namun, karena kandungan kimianya yang besar, tentu proses pembuangan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan bahwa banyak yang bisa dilakukan pada limbah baterai bekas kendaraan listrik.

Salah satu contohnya, yakni dimanfaatkan kembali sebagai bagian dari pembangkit listrik tenaga surya. Baterai berfungsi menyimpan arus listrik yang dihasilkan dari panel surya, untuk kemudian dipakai sebagai penerangan jalan.

Berita Terkait
hitlog-analytic