Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gimana Solar Mau Dihapus, Mesin Mobil Diesel Saja Belum Siap Euro IV

Knalpot mobil berasap atau ngebul
Sumber :

100kpj – Demi mengurangi polusi dari pembakaran mesin kendaraan bermotor, pemerintah menyiapkan berbagai jurus. Salah satunya meningkatkan kualitas bahan bakar menuju standar Euro IV, dan menghapus bahan bakar timbal.

Bahkan beredar kabar bahwa PT Pertamina akan menghapus bahan bakar yang tidak ramah lingkungan, salah satunya solar. Sesuai keputusan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nomor 20 tahun 2017 mengenai pembatasan oktan. 

Dengan standar yang baru, artinya bakal ada perubahan di bahan bakar. Tujuannya agar cocok saat diminum mesin diesel yang menganut Euro IV. Lantas kapan mesin diesel mobil komersial atau penumpang yang masih berstandar Euro II diganti menjadi ramah lingkungan?

Pertamina Turunkan Harga BBM

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebagai asosiasi yang menaungi sejumlah agen pemegang merek (APM) mobil, mengungkapkan bahwa para anggotanya baru siap mengubah mesin diesel berstandar Euro IV di tahun depan.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, penerapan standar Euro IV untuk mesin diesel akan ditunda. Jika awalnya akan mulai diberlakukan pada Maret atau April 2021, namun dengan adanya pandemic covid-19 rencana itu berubah.

“Euro IV untuk mesin diesel kan rencananya Maret 2021 dijalankan, persiapan dari APM lagi berjalan dengan baik. Namun, dengan adanya pandemi, maka banyak teknisi dari negara asalnya diharuskan pulang," ujarnya saat dihubungi VIVA Otomotif, Jumat 26 Juni 2020.

Berita Terkait
hitlog-analytic