Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Nasional Tampangnya Mirip Buatan China, Pengamat: Saya Tak Kaget

Ekspresi Jokowi coba Esemka

100kpj – Saat PT Solo Manufaktur Kreasi melahirkan produk pertama Esemka yang bernama Bima, masyarakat Tanah air seketika mempertanyakan statusnya yang diklaim sebagai produk nasional. Sebab, kandungan lokal di mobil jenis pikap tersebut tak sampai 50 persen dari jumlah keseluruhan.

Apalagi, secara tampilan, mobil yang saat peresmiannya dihadiri Presiden Joko Widodo itu juga nampak menyerupai pikap China bernama Changan Star. Hal itu tentu kian membuat masyarakat ragu mengenai posisinya sebagai mobil buatan anak bangsa.

Mobil Esemka Mirip Mobil China

Selain Esemka, ada beberapa produk berembel-embel nasional lain yang secara tampilan dan fitur sangat menyerupai barang buatan China. Misalnya, Elvindo. Perusahaan roda dua yang bermarkas produksi di kawasan Tangerang, Banten itu menghadirkan sepeda motor yang sepintas menyerupai Huari.

Baca juga: Deretan Motor Honda KW yang Pernah Dibuat China, Asli Murah Banget

Huari merupakan nama motor listrik yang dipasarkan Huari Holding Group. Merek otomotif yang berlokasi di kota Zheijiang itu memang dikenal berkat kendaraan eletrik berbanderol murahnya. Hal itu kami amati melalui laman resmi mereka yang berbahasa China.

Saat ditemui 100KPJ beberapa bulan lalu, perwakilan Elvindo mengaku, motor listrik yang dijualnya merupakan produk nasional yang dirakit di dalam negeri. Namun, sebagai langkah awal, pihaknya masih mengandalkan impor komponen dari China.

Berita Terkait
hitlog-analytic