Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Bekas Low SUV 2020, Harga Honda BR-V Lebih Murah dari Rush

Honda BR-V
Sumber :

100kpj – Di Indonesia pasar mobil penumpang berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) masih mendominasi, namun bukan berarti model lain tidak ada pertumbuhan. Contohnya segmen mobil Low Sport Utility Vehicle (SUV) yang terus berkembang.

Sejumlah produsen berlomba-lomba menjual mobil dengan jenis yang sama. Jika sebelumnya segmen Low SUV hanya diramaikan Toyota Rush dan Daihatsu Terios, kini kedua mobil buatan lokal tersebut sudah memiliki banyak saingan.

Pasalnya mulai dari Honda, Mitsubishi, dan Suzuki juga menawarkan produk sejenis. Diawali dari Honda yang memanfaatkan platform Low MPV andalanya, yakni Mobilio menjadi BR-V. Kemudian cara yang sama juga diikuti jenama lainnya.

Mitsubishi pada penghujung 2019 merilis Xpander Cross yang basiknya dari Xpander standar. Kemudian Suzuki merilis XL7 sebagai Low SUV pertamanya yang diproduksi lokal menggunakan platform Ertiga sebagai basik rancang bangunnya.

Suzuki XL7

Soal penjualan, sampai detik ini Rush masih memimpin pasar Low SUV di tengah gempuran pendatang baru. Menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan Rush dari pabrik ke diler sepanjang 2018 mencapai 53.145 unit.

Lalu diikuti saudara kandungnya, Terios yang terjual 31.453 unit. Sedangkan BR-V yang dirilis pada 2016 lalu semakin melempem, pasalnya penjualan mobil gagah kelas rendah buatan Honda hanya tercatat 9.140 unit dalam periode yang sama. 

Berita Terkait
hitlog-analytic