Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengapa Banyak Orang Indonesia Suka Mobil Jepang?

Avanza-Xenia bekas.
Sumber :

100kpj – Selain produk roda dua, masyarakat Indonesia juga sangat menyukai mobil-mobil buatan Jepang. Bahkan, dominasinya di pasar Tanah Air membuat merek lain asal Eropa dan Amerika Serikat silih berganti tutup pabrik karena penjualannya tak kunjung membaik.

Salah satu merek Jepang yang kerap melahirkan produk-produk berstatus laris, ialah Toyota. Sepanjang tahun lalu, perusahaan roda empat itu berhasil menjual sebanyak 331.797 unit mobil secara wholesales. Mobil jenis MPV mereka, Avanza, menjadi penyumbang terbesar dengan angka penjualan 86.374 unit.

Avanza Siap Diekspor

Di bawah Toyota, ‘penguasa’ mobil di Indonesia dipegang merek asal Jepang lain, yakni Daihatsu. Kemudian, secara berturut-turut ada Honda, Mitsubishi, dan juga Suzuki. Dari daftar 10 perusahaan dengan penjualan terbaik sepanjang 2019 yang diumumkan Gaikindo, delapan di antaranya merupakan nama asal Jepang.

Baca juga: Mengapa Avanza Bisa Laku Keras di Indonesia?

Hal itu memicu satu pertanyaan besar, mengapa masyarakat Indonesia sangat menyukai mobil buatan Jepang? Padahal, merek-merek asal China dan negara lain berani menawarkan produk berharga murah dengan teknologi dan mesin yang tak kalah canggihnya.

Pengamat otomotif senior sekaligus pengajar Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Pasaribu menyebut, orang Indonesia sangat menyukai mobil Jepang karena secara kultural memang sudah memiliki kedekatan emosional. Selain itu, besarnya populasi mobil tersebut di dalam negeri membuat masyarakat kita percaya akan kualitasnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic