Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengapa Bisa Avanza Laku Keras di Indonesia?

Avanza Siap Diekspor
Sumber :

100kpj – Sejak pertama kali diluncurkan pada akhir 2003 lalu, mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) milik Toyota, Avanza selalu menjadi buruan utama konsumen di Indonesia. Bahkan, pada Januari 2020 lalu, kendaraan yang kerap dipakai keluarga itu berhasil terjual 6.600 unit dan menempatkannya sebagai produk roda empat terlaris di Tanah Air.

Pada 2019 silam, Avanza memang mendominasi pasar mobil di Indonesia. Sempat mendapat ancaman dari MPV lainnya, yakni Xpander, nyatanya tak membuat pesona produk itu luntur, dan panjualannya tetap stabil sepanjang tahun. Maka pantas saja jika Avanza kerapa dijuluki sebagai ‘mobil sejuta umat’.

Baca juga: Merek dan Mobil Terlaris di Indonesia di Awal 2020

PT Toyota Astra Motor atau TAM sebagai agen pemegang merek Toyota di Tanah Air pun mengungkap rahasia sukses mengapa Avanza tetap diminati banyak konsumen meski pesaing baru terus bermunculan. Menurut Executive General Manager TAM, Franciscus Soerjopranoto, salah satu kuncinya ialah tampilan, fitur, serta spesifikasi mobil yang ‘sangat Indonesia’.

"Kenapa Avanza bisa terus leading dan diminati? Karena Avanza itu ciri khasnya mobil kustomer Indonesia. Pecahannya dari Kijang. Ground clearance-nya tinggi, 7-seater, dan punya penggerak roda belakang. Kuda beban," ujarnya kepada para pewarta di Jakarta beberapa waktu lalu.

toyota avanza

Nah, mengingat Avanza didesain sesuai kebutuhan konsumen di Indonesia, maka pria yang karib disapa Soerjo itu pun menolak jika produk tersebut dibandingkan dengan mobil lain di kelasnya yang memiliki spesifikasi berbeda, terutama dari jenis penggeraknya.

Berita Terkait
hitlog-analytic