Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Nasib Honda Mobilio Semakin Terpuruk Menghadapi Xpander dan Avanza

Honda Mobilio di IIMS
Sumber :

100kpj – Pasar mobil Low Multi Purpose Vehicle (MPV) di Tanah Air memiliki porsi terbesar dibandingkan jenis lainnya. Maka produsen mobil berlomba-lomba menawarkan Low MPV dengan desain dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Sebelumnya segmen mobil keluarga kelas bawah itu hanya diramaikan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia saja. Namun beberapa waktu kemudian diikuti Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio yang memliki spesifikasi lebih canggih.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Cross Pendatang Baru Yang Pukul Telak Honda BR-V

Soal mesin Mobilio atau Ertiga hanya menawarkan kapasitas 1.500cc, tidak seperti Avanza atau Xenia yang memiliki mesin 1.300cc dan 1.500cc. Selain itu, keempat mobil tersebut juga memiliki perbedaan dari sumber penggeraknya.

Ertiga dan Mobilio menjadi Low MPV pertama di Indonesia yang mengadopsi penggerak roda depan, sedangkan Avanza dan Xenia berpenggerak belakang. Nah dengan perbedaan spesifikasi tersebut, konsumen di pasar mulai terpecah.

Di awal kemunculannya di dunia, Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Mobilio pada September 2013 silam. Mobil keluarga yang menggunakan platform Honda Jazz tersebut ternyata berhasil memikat hati konsumen.

Berita Terkait
hitlog-analytic