Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lama Tak Ada Kabar, Diam-diam Nissan Suntik Mati March di Indonesia

Nissan March
Sumber :

100kpj – Demi melebarkan sayapnya di pasar mobil penumpang, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) merilis mobil perkotaan bernama March sekitar 2010 silam. Mobil yang dibawa utuh dari Thailand tersebut hadir dalam dua pilihan mesin bensin.

March yang dijual dalam lima varian tersebut memiliki mesin tiga silinder 1.200cc, dan empat silinder 1.500cc dengan pilihan transmisi matik dan manual. Namun seiiring berjalannya waktu popularitas March di segmen city car meredup.

Meski sesekali Nissan menyuntikan penyegaran untuk March, ternyata belum mampu mendongkrak eksistensinya. Terlebih sejak para produsen Jepang berlomba-lomba membuat mobil perkotaan yang harganya lebih terjangkau.

Sejak hadirnya program Low Cost Green Car (LCGC) beberapa tahun silam, penjualan March di Indonesia terus merosot. Pasalnya mobil LCGC seperti Honda Brio, Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla juga memiliki fitur yang tidak kalah canggih.

Mesin ketiga city car dengan harga terjangkau tersebut memiliki tenaga yang sebanding, bahkan lebih besar jika disandingkan dengan March 1.2. Mulai dari situ lah, mobil kompak yang dibawah utuh Nissan dari Negeri Gajah Putih itu meredup.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan March setiap tahun terus mengalami penurunan tajam. Misalnya sepanjang 2018, penjualan dari pabrik ke diler alias wholesales masih menorehkan 1.159 unit.

Berita Terkait
hitlog-analytic