Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Persaingan Wuling vs DFSK, Almaz Jadi Mobil China Terlaris di RI

Wuling Almaz
Sumber :

100kpj – Merek mobil asal China sebelumnya tidak pernah mencatatkan sejarah manis di Indonesia sejak Chery dan Geely hadir 2006 silam. Namun setelah Wuling Motors menancapkan kuku bisnisnya pada 2017 lalu, cerita pahit mobil China di pasar Tanah Air terpecahkan.

Dengan percaya dirinya Wuling melakukan investasi besar-besaran untuk membangun pabrik produksi di Cikarang, Jawa Barat. Produk pertama yang diproduksi adalah berjenis Low Multi Purpose Vehicle (MPV), yakni Confero S dan untuk MPV kelas menengah ada Cortez. 

Kemudian di 2018 Wuling menghadirkan Cortez sebagai MPV kelas menengah untuk merecoki Toyota Kijang Innova. Namun tidak berhenti sampai disitu, di tahun yang sama Wuling akhirnya menghadirkan Sport Utility Vehicile (SUV) pertamanya, yakni Almaz.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari sampai Desember 2019, Wuling telah mendistibusikan 22.343 unit dari pabrik ke diler. Dengan angka tersebut pangsa pasar Wuling 2,2 persen untuk penjualan wholesales.

Wuling Confero Ambulans

Menelisik data per model, ternyata yang menjadi penyumbang terbanyak penjualan Wuling dari pabrik ke diler selama satu tahun adalah Almaz, yakni 9.744 unit. Kemudian peringkat kedua Confero S yang terjual 9.137 unit, lalu Cortez 3.160 unit, dan Formo hanya 303 unit.

Sementara penjualan diler ke konsumen alias ritel mencapai 21.112 unit. Artinya sudah puluhan ribu mobil Wuling beredar di jalan raya Indonesia sepanjang tahun lalu. Bahkan jenama asal Tongkok itu berhasil menduduki posisi 9 dari daftar merek terlaris secara nasional. 

Berita Terkait
hitlog-analytic